Sabtu, 25 Juni 2011

Life is chemistry


Life is Chemistry

Hidup adalah manifestasi dari kimia
Kimia pada sebagian orang sering menjadi momok yang menakutkan untuk dibahas dan dipelajari. Belum berimbangnya informasi tentang kimia menjadi salah satu faktor penyebabnya. Orang lebih mengenal kata kimia saat menyimak nuklir meledak daripada memahami bagaimana indahnya busana , lezatnya beraneka makanan, obat yang dapat menyembuhkan penyakit, indah dan megahnya suatu bangunan, atau semakin beraneka produk teknologi modern canggih yang semua tidak terlepas dari produk ilmu Kimia.

Kimia sangat penting bagi kehidupan manusia. Di setiap mata memandang di sekitar kita adalah materi kimia. Mulai dari udara (oksigen) yang kita hirup hingga semua benda yang ada di sekitar kita adalah materi kimia. Begitu banyak barang-barang di sekitar kita adalah produk-produk dari ilmu kimia, mulai dari apa yang ada didepan kita pakaian, makanan, bahan-bahan untuk membangun gedung, ataupun alat-alat teknologi seperti: handphone, laptop, pesawat dan satelit. Kimia adalah suatu bidang yang sangat penting untuk dipelajari, sebab segala sesuatu yang kita sentuh, lihat, fantasikan dan udara yang ada disekitar kita adalah unsur-unsur kimia. Segala sesuatu yang ada di alam tidak bisa dilepaskan dari kimia.

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan serta energi yang menyertai perubahan suatu materi. Materi sendiri adalah sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Hampir semua benda di alam dibahas dalam ilmu kimia karena pada dasarnya setiap benda menempati ruang dan mempunyai massa. Artinya setiap benda merupakan materi.

Ilmu kimia membahas semua materi tentang:

1. Susunannya dan strukturnya.
2. Sifatnya.
3. Perubahannya.
4. Energi yang menyertai perubahannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar